Selamat Datang Di Blog Sederhana ini - Semoga Bermanfaat

Senin, 31 Maret 2014

Mengenal Fungsi Pattern Fill pada CorelDraw


Mengenal Fungsi Pattern Fill, tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com
Pattern Fill digunakan untuk mengakses boks pengisi tekstur ke dalam teks atau objek. Pada menu yang satu ini ada beberapa kelemahan dan kelebihan, untuk mengetahuinya mari kita bahas satu persatu.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merubah satuan ukuran dari Inches menjadi Milimeters, mengapa hal ini perlu dilakukan ? Karena jika tidak dirubah, maka satuan ukuran yang terdapat pada menu tersebut akan menggunakan default, yaitu inchi. Nah, untuk mengatasi hal tersebut hal pertama yang perlu kita lakukan adalah merubahnya ke satuan ukuran yang kita inginkan. Sebagai contoh kali ini saya menggunakan Milimeters.

Langkah berikutnya, buatlah objek kotak dengan cara menekan tombol F6 yang terdapat pada keyboard dengan ukuran bebas. Seleksi objek tersebut kemudian pilih menu Pattern Fill yang terdapat pada Toolbox. Setelah itu maka akan muncul menu seperti di bawah ini :

Mengenal Fungsi Pattern Fill, tutoriallengkapcoreldraw.blogspot.com

Penjelasan :
Angka 1 = untuk melihat jenis texture yang lain
Angka 2 & 3 = untuk merubah warna texture sesuai dengan keinginan 
Angka 4 & 5 = untuk merubah jenis texture dengan graphic yang lebih mantap, sayangnya pada kedua texture ini tidak dapat dirubah warna sesuai keinginan. 
Load = untuk mengambil jenis texture dari koleksi yang ada.
Create = untuk membuat jenis texture yang baru

Pada bagian Origin : 
x = untuk menggeserkan texture secara mendatar
y = untuk menggeserkan texture secara menurun

Pada bagian Size : 
width =  untuk merubah lebar texture
height = untuk merubah tinggi exture

Pada bagian Transform :
Skew = untuk merubah tingkat kecondongan pada texture
Rotate = untuk merubah tingkat perputaran pada texture

Pada bagian Row or Column Offset : 
Row = untuk menyeimbangkan objek texture antar baris 
Column = untuk menyeimbangkan objek texture antar kolom

Transform Fill with Object : Berfungsi untuk mengotomatiskan besar texture sesuai dengan objek. Hal ini akan terjadi bila objek dan texture sudah kita buat, namun ukuran objek belum sesuai dengan harapan.
Maka perubahan yang terjadi adalah besar texture akan mengikuti perubahan objek itu sendiri. 

Mirror Fill : Berfungsi untuk membalikkan bagian texture sehingga gambar texture akan berlawanan. 


Semoga bermanfaat .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar